Namecheap.com

Proposal Lapangan Bola

Contoh Proposal Lapangan Bola

PROPOSAL
PENGEMBANGAN DAN PEMBANGUNAN LAPANGAN BOLA KAKI
DESA COT RABO TUNONG KECAMATAN PEUSANGAN
KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH


I. Latar Belakang
Pendidikan jasmani olah raga bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. Bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani ketrampilan gerak, ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan sosial, stabilitas emosional tindakan moral aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Hal tersebut dilakukan melalui aktifitas jasmani, olah raga, dan kesehatan terpilih, yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Peranan olah raga dalam peningkatan kesehatan masyarakat pembinaan mental maupun watak semakin lama semakin memegang peranan penting dalam kesehatan olah raga, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup ( lifestyle ) masyarakat Indonesia. Melalui berbagai prestasi olah raga untuk dapat berprestasi maksimal dalam even –even kejuaraan nasional maupun internasional.
Diluar itu sebagai salah satu cabang olah raga, sepak bola telah menjadi salah satu olah raga yang sangat populer di Indonesia terutama di Aceh, selang beberapa dasawarsa sepak bola bahkan telah berkembang sangat pesat di Indonesia, namun hal tersebut sangat kontras jika dibanding prestasi tim sepak bola di Indonesia yang masih jauh dari harapan masyarakat. Tidak hanya tim nasional tetapi tim di daerah.
Dalam kenyataannya banyak kendala yang dihadapi dalam pengembangan olah raga sepak bola satu yang mendasar adalah sangat terbatasnya jumlah lapangan yang ada dan yang layak atau memenuhi standar, menyebabkan kegiatan yang seharusnya dapat menjadi pijakan dalam awal rangkaian pembinaan olah raga sepak bola menjadi terhambat. Pada gilirannya bibit – bibit unggul pemain sepak bola yang handal jumlahnya sangat terbatas.
Dewasa ini penduduk Desa Cot Rabo Tunong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh sebanyak 750 jiwa, sedangkan populasi sekolah atau lembaga pendidikan 3 sekolah meliputi SD, SMP dan SSB (Sekolah Sepak Bola) Bijeh Mata yang telah meraih beberapa prestasi ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional serta ditambah dengan 1 Club Sepak Bola PSBU yang juga telah mengukir prestasi di beberapa event tingkat kecamatan yang membutuhkan pembinaan olah raga cukup banyak sehingga butuh sarana dan prasarana olah raga yang layak dengan potensi yang sangat baik.


Untuk itu kebutuhan lapangan sepak bola yang layak sangat terdesak untuk segera dibangun demi terciptanya bibit-bibit unggul dalam dunia sepak bola kita.

II. Urgensi Pembangunan Sarana Olah Raga
Tahun 2015 adalah tahun keprihatinan pembinaan olah raga di Desa Cot Rabo Tunong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, selama ini lapangan sepak bola Desa Cot Rabo Tunong adalah satu – satunya yang menjadi pusat kegiatan olah raga ternyata kondisinya becek bahkan pada musim penghujan sering tergenang air dan menjadi kolam besar bukan lagi lapangan olah raga yang layak digunakan hal ini dapat dilihat secara fisik :
1.      Perbaikan lapangan selama ini tidak sempurna karena sistem tambal sulam sehingga tidak efektif.
2.      Rumput lapangan hancur setiap kali musim hujan karena air langsung masuk lapangan
3.      Ukuran lapangan yang kurang memadai dan perlunya pelebaran dan pemanjangan lapangan.
Keberadaan lapangan olah raga yang layak dapat menjadi penunjang kegiatan pendidikan sekaligus bagian dari sarana dan prasarana pengembangan potensi dan kreatifitas pemuda dan pendidikan di Desa Cot Rabo Tunong dipandang perlu melakukan peningkatan sarana olah raga di Desa Kami.

III. Maksud dan Tujuan
Proposal ini kami ajukan untuk mendapat dukungan dan bantuan dari Kemetrian Pemuda dan Olah raga berupa dana bantuan sosial / block grant untuk melaksanakan kegiatan peningkatan dan revitalisasi sarana / lapangan bola kaki Desa Cot Rabo Tunong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

IV. Manfaat
Keberadaan lapangan yang multi fungsi dan layak di Desa Cot Rabo Tunong diharapkan membawa manfaat antara lain :
1.      Bagi pendidik atau peserta didik terutama pemuda bermanfaat sebagai sarana penunjang pembinaan sepak bola dan atletik.
2.      Merupakan wadah pembinaan olah raga sekaligus squad tim Desa Cot Rabo Tunong adalah pusat pelatihan dari usia dini.

V. Lokasi Pembangunan
Lapangan Bola Kaki Desa Cot Rabo Tunong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh dilokasi sebelah utara pusat pendidikan SD dan sebelah selatan markas besar Tim Desa Cot Rabo Tunong (PSPU dan SSB Bijeh Mata) .
VI. Perencanaan Fisik
Pembangunan sarana / lapangan olah raga Desa Cot Rabo Tunong terdiri dari :
1.      Pembersihan dan Penimbunan
2.      Pelebaran dan Pemanjangan Lapangan
VII. Rencana Anggaran Biaya
Rincian Rencana Anggaran terlampir dalam proposal ini

VIII. Penutup
Demikian semoga dapat menjadi awal yang baik dalam pembinaan olah raga di Desa Kami.

IX. Lampiran – lampiran
1.      Rencana Anggaran Biaya (RAB);
2.      Surat Keterangan status tanah tidak dalam sengketa;
3.       Foto Copy surat bukti kepemilikan tanah (Akta);
4.      Surat keterangan fungsi tanah sebagai prasarana olahraga;
5.      Foto Copy NPWP pemerintah Desa;
6.      Foto lahan yang akan dibangun/direnovasi lapangan olahraga;
7.      Surat pernyataan keabsahan atas dokumen yang ditandatangani  di atas materai Rp. 6000.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proposal Lapangan Bola "